Wednesday 26 October 2011

Hati menjadi tenang dgn berzikir

‎"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan dzikir kepada Allah. Ingatlah bahwa hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang."(QS.13:28 )

Ketenangan bukanlah sebuah kata yang tiada makna dan hampa. Namun ketenangan memiliki dimensi yang sangat luas, yaitu mencakup kebahagian di dunia dan di akhirat.

Allah SWT ketika memanggil seorang hamba untuk kembali ke harib...aan-Nya guna mendapatkan keridhaan-Nya, menggunakan istilah ini:

"Wahai jiwa-jiwa yang tenang. Kembalilah kamu pada Rabmu dalam kondisi ridha dan diridhai. Maka masuklah kamu dalam golongan hamba-hamba-Ku. Dan masuklah kamu dalam surga-Ku." (QS.Al-Fajr, 27-30)

Ketenagan hati juga berkaitan erat dengan kebersihan hati. Hati yang tidak bersih, tidak dapat menjadikan diri insan menjadi tenang. Bahkan penulis melihat bahwa kebersihan hatilah yang menjadi pondasi tegaknya bangunan ketenangan hati. Dan disinilah dzikir dapat mengantisipasi hati menjadi bersih, sebagaimana dzikir juga dapat menjadikan hati menjadi tenang.

Karena itulah, jangan ada iri, buruk sangka, dengki, dendam pada orang lain, karena itu hanya akan merusak hati kita sendiri, dan sangat merugikan diri sendiri.

Kebenaran hanya milik Allah.

~Muhammad al islam.

No comments:

Post a Comment